Selalu Ada Pelajaran Yang Bisa Kita Ambil…


Phew.. Berapa abad saya tidak mem-posting di blog ini? LOL :lol Yah, masa transisi broer, harap maklum..

Okeee, kali ini saya mau curhat, hahahha, atau lebih tepatnya berbagi pengalaman. Penting broer! Terutama buat anda-anda yang akan atau yang sudah berkecimpung di dunia kerja.

Ada kalanya kita kesulitan untuk mencari kerja, ada pula kita justru dibuat bingung karena kita dapat panggilan kerja atau interview di perusahaan yang berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan. Untuk saya, kasus yang kedua pernah saya alami.

Setahun yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk bekerja di sebuah perusahaan besar di Borneo Island, namun karena pada saat itu saya sudah masuk kerja di perusahaan lokal ternama (di kota sendiri), meski cuma baru DUA hari, akhirnya saya tidak menghadiri panggilan kerja untuk perusahaan di Borneo itu. Dan beberapa bulan kemudian, saya MENYESAL. Apa masalahnya?

Begini, ketika saya masuk tahapan interview, ketika saya sudah sangat dekat untuk diterima di perusahaan lokal, mungkin saya termakan janji-janji kosong dari perusahaan itu. Janji kosong seperti apa? Ya begitu, mulai dari gaji yang segini lah, dari janji kesejahteraan seperti itu lah, yang setara dengan perusahaan luar lah, bla bla bla… Dan hasilnya, pushhhhhhhhh…. nol!

Dari sini, saya bisa mengambil beberapa pelajaran berharga untuk karir saya kedepannya:

1. Perusahaan bonafide,

Jangan menilai sebuah perusahaan, kantor, instansi dari luarnya saja. Pepatah klise mengatakan, don’t judge a book from its cover. Memang benar, tempat kerja megah dari luar, belum tentu ‘megah’ pula manajemen dan sistemnya. Ada baiknya sebelum anda mengambil keputusan untuk menerima pekerjaan di sebuah perusahaan, anda cari tahu dulu dari orang dalam, sistem kerja dan manajemennya seperti apa, jadi anda bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk.

2. Hitam diatas putih,

Ini juga penting. Perjanjian kontrak kerja. Sebagai karyawan, anda perlu tahu HAK dan Kewajiban anda. Berapa lama waktu training anda, jam kerja seperti apa, sistem penerimaan dan perhitungan salary-nya bagaimana? Dan itu perlu anda ketahui dari sebuah perjanjian kontrak, anda membubuhkan tanda tangan diatas materai. Pasalnya, ada beberapa perusahaan yang mengaku bonafide, tapi tak ada kejelasan status karyawan. Selama setahun ada disana, status anda terus-terusan sebagai karyawan training, padahal dalam PERJANJIAN, anda hanya menjalani masa training selama 3 bulan + 3 bulan masa evaluasi (6 bulan total). Yang seperti ini namanya melanggar perjanjian, anda bisa menuntut perusahaan tersebut karena telah menyalahi aturan ketenaga kerjaan. Hati-hati menghadapi kasus seperti ini.

3. Kepemilikan,

Kepemilikan perusahaan ada dua: Perusahaan perorangan dan perusahaan yang dimiliki bersama (penamaman modal & saham). Pintar lah memilih jenis kepemilikan ini. Di sebuah perusahaan perorangan, pemilik memiliki kekuasaan mutlak, yang bahkan HRD (human resources departement) hanya jadi ‘wayang’ saja. Ketika pemilik merasa tidak suka dengan kita (kadang dengan alasan irrasional, atau karena ada laporan2 ngawur dari ‘tangan kanan’), siap-siap saja angkat koper dari perusahaan itu. Kasus yang seperti ini jarang ditemukan di sebuah perusahaan yang dimiliki bersama.

4. Jarak tempat kerja,

Yang ini tak kalah penting, jangan sembarangan memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan hanya karena kediaman kita dekat dari lokasi. Kalau memang kita pengen sukses, pengen punya jenjang karir yang luas dan menjanjikan, jangan ragu untuk memilih tempat kerja sekalipun itu di luar kota atau di luar pulau. Jenjang karir anda penting.

Nah, itu saja mungkin (soalnya yang diinget sekarang cuma yg itu, hehehe). Yang jelas dari pengalaman yang saya alami, saya banyak belajar banyak hal dan mulai sekarang saya harus ‘pintar’ memilih. Kita, karyawan, pekerja, punya hak yang absolut untuk menuntut hak setelah semua kewajiban kita jalankan. Jangan mau dibodohi… Oke!?😉

About igo_adrian

I'm a dreamer, I'm a gamer, I'm a musician, I'm an artist, I'm Virgo A'raaf. View all posts by igo_adrian

Leave a Reply

