Bersyukur, Karena Kita Bekerja


Hi, mas bro’, mbak bro’, lek bro’, dan saudara bro’ sekalian, sudah hampir 5 bulan 10 hari nggak posting di blog..😆 — Begini broer ceritanya, umm…. Begini.

Saya punya (lumayan) banyak pengalaman berorganisasi maupun bekerja, mulai dari UKM Kampus, Radio Komunitas, Sekolah Dasar, sampe Karang Taruna. Lumayan sering juga saya mendengar keluhan tentang kondisi lingkungan organisasi kita. Kita tidak senang dengan suasana kerja, orang-orang rekan sekerja kita. Saya kira kita harus membuka pikiran kita lebih luas dan jangan gampang mengeluh. Di saat-saat seperti ini, mengeluh di tempat kerja itu adalah suatu kemewahan.

Namanya juga bekerja. Kita itu seharusnya berpikir bagaimana melayani pelanggan dengan baik. Bagaimana memberikan dukungan pada mereka yang membutuhkannya. Bagaimana supaya misi tempat kerja kita itu berjalan baik.

Kalau kita terlalu bingung dengan suasana kerja, perlakuan orang kepada kita, maka we miss the point. Tempat kerja itu didesain bukan untuk memuaskan kebutuhan kita, memuaskan keinginan kita, apalagi memuaskan ego kita, tapi tempat mempersembahkan talenta kita untuk orang lain. Tempat kita membuat orang lain, mereka yang menjadi sasaran misi layanan kita itu, bisa memenuhi kebutuhannya.

Pernahkah kita merasakan kehilangan pekerjaan? Pernahkah kita membayangkan kalutnya hati kita saat kita jobless atau di PHK? Pernahkah kita membayangkan gemetarnya hati seorang ayah yang terbangun di tengah malam dengan keringat dingin karena ia tidak sanggup menafkahi keluarganya? Pernahkah kita membayangkan ketakutan seorang ibu saat anak-anak butuh bayar uang sekolah atau uang seragam dan ia tahu uangnya tidak ada?

Itu hanya sebagian kecil dari kesusahan bila kita tidak memiliki pekerjaan. Masih ada yang lebih buruk lagi. Kita kehilangan harga diri dan rasa percaya diri.

Jadi kalau kita merasa susah dengan suasana kerja, rekan sekerja, atau berpikir we’re having a bad day in our workplace, coba bersyukur. Coba berterimakasih pada Tuhan. Coba berdoa pada-Nya agar orang-orang yang terkena PHK bisa seperti kita, memiliki pekerjaan…. Dan bisa mendapat kemewahan untuk mengeluh seperti kita tadi itu… (ArmienZR)

About igo_adrian

I'm a dreamer, I'm a gamer, I'm a musician, I'm an artist, I'm Virgo A'raaf. View all posts by igo_adrian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: