Siapa Sih, Stefano Lilipaly?


Siapa yang tak kenal dengan Irfan Bachdim..?? Aku wae udah tau dari jaman dia maen di Utrecht (di Football manager 2009 udah ada ni orang). Tapi semua penduduk Indonesia baru mengenalnya setelah namanya berkibar-kibar bendera di ajang Piala AFF.

Atau mungkin kalian tahu, Radja Nainggolan? Pemain berdarah Indonesia yang bermain bersama Piacenza di Seri-B Italia, yang akhirnya lebih memilih membela Timnas Belgia daripada Indonesia? Atau Giovanni Van Bronckhorst? Nigel De Jonk? Banyak sekali pemain keturunan Indonesia yang menjadi pemain Top di benua biru…

Ada lagi seorang pemain keturunan Indonesia yang tak kalah hebat! Anak muda yang satu ini mungkin lepas dari pantauan pengamat dan pengurus sepakbola negeri ini (namanya aja PSSI, selama dipegang Nurdin ya tetep gak maju2.. wqwqwq). Padahal gebrakkannya di Eropa, tepatnya di Belanda cukup baik. Dia piawai dalam mengolah si kulit bundar. Anak muda kelahiran 10 Oktober 1990 ini adalah anak dari ayah bernama Ron Lilipaly dan ibu bernama Adriana, dan mereka menetap di kota Amsterdam Belanda. Anak muda ini mempunyai darah keturunan Indonesia yang kental dari ayahnya.

Sejak kecil dia sudah tertarik dan mencoba bermain sepakbola bersama teman temannya, bahkan bersama ayahnya berdua dilapangan yang banyak tersedia di kawasan tempat mereka tinggal. Bakatnya sudah tampak sejak kecil, apalagi keluarganya mendukung olahraga yang digelutinya itu, sehingga Stefano kecil mulai serius belajar dan meltih ketrampilannya di Akademi Sepakbola AZ Alkmaar,  salah satu Klub besar di Eredivisie Belanda.

Saat ini Stefano Lilipaly masih bergabung dengan FC Utrecht dimana Irfan Bachdim sempat menjadi rekannya, sampai sekarang masih tetap menjalin hubungan komunikasi yang baik broer!😉.

”Saya siap membela dan bermain untuk bangsa Indonesia, negeri asal nenek moyang saya yang indah dengan penduduk yang ramah,” jawab Stefano ketika ditanya, siapkah Ia membela Timnas Indonesia?

Sebenarnya Stefano Lilipaly dan Regilio Jacobs telah bersedia untuk bergabung bermain di Charity Games yang diadakan tgl 04 Agustus 2010 lalu di kota Malang dan tgl 07 Agustus 2010 lalu di kota Surabaya. But, karena jadwal yang padat, mereka gagal datang di Charity Game.

Stefano Lilipaly yang pernah memperkuat Timnas Belanda berturut turut U 16, U 17 dan U 18, dan itu merupakan prestasi yang luar biasa Bro’!! (Belanda maaan– negeri-nya Marco Van Basten!). Namun saat menginjak usia 20 tahun, Ia belum dilirik lagi untuk masuk timnas Belanda U-21. Bukankah ini kesempatan yang baik untuk pengurus sepakbola negeri ini untuk memantau perkembangan dia yang sedang terus mengembangkan karirnya. Banyaknya pemain berdarah Indonesia yang mempunyai kualitas adalah salah satu aset yang seharusnya tidak disia-siakan seandainya mereka mempunyai keinginan untuk membela bangsa ini dan siap bersaing dalam pertarungan ketrampilan secara bersih. Setuju ‘broer…!???

Kabarnya, Stefano siap membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Sea Games, meski harus menunggu proses penyembuhannya (dia lagi cedera broer..)! Cewek2 pasti setuju nih– apalagi tampangnya si Stefano gak kalah keren (atau bahkan lebih keren) dari Irfan Bachdim. Satu lagi, posisi bermainnya sangat vital di dalam lapangan, sebagai pengatur serangan. Sapa tau nanti dia bisa jadi pengganti Firman Utina?? Bener nggak…!?😆

Personal data

Nama: Stefano Lilipaly
TL: 10 Oktober 1990
Tinggi/berat: 170 cm/60 kg
Posisi: Gelandang Serang
No. Punggung: 10
Klub: AZ Alkmaar, FC Utrecht (Belanda – Eredivisie)
Parents: Ron (ayah, berdarah Indonesia), Adriana(Asli Londo)
Karir Internasional: Timnas Belanda U-16, U-17, U-18

(dari berbagai sumber)

About igo_adrian

I'm a dreamer, I'm a gamer, I'm a musician, I'm an artist, I'm Virgo A'raaf. View all posts by igo_adrian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: