Hal-Hal Unik Seputar Natal


Ketika natal tiba, yg muncul di benak kita pasti tentang pohon natal, santa claus, hadiah, dan lainnya. Padahal sebenarnya hal-hal itu hanya sebagai simbol perayaan natal dan bukan makna natal yg sesungguhnya. Jadi apa makna natal yg sesungguhnya? Baca lebih lanjut Broer…

1. Natal sekarang telah menjadi bentuk kebudayaan modern. Orang-orang sekarang hanya sibuk belanja untuk natal, pesta-pesta di gereja atau bahkan hotel. Sebenarnya hal yang terpenting bukan perayaan natal, tapi peringatan untuk Kelahiran Yesus yang bersedia menebus dosa manusia. Itulah yang terpenting… (menurut orang yang berkeyakinan seperti itu… ;))

2. Santa Claus atau Sinterklas malah lebih dikenal daripada Yesus saat perayaan Natal. Kalau diperhatikan ternyata di Mall, TV dan tempat-tempat umum lebih “mengunggulkan” adanya Santa Claus daripada Yesus yang seharusnya menjadi hal yang paling diutamakan dalam perayaan Natal. Bahkan sekarang banyak gereja yg mengadakan Meet and Greet Santa Claus layaknya di Mall, dengan begitu dampaknya anak-anak malah menunggu kehadiran Santa Claus yang akan membagikan hadiah dan bukan Yesus yang seharusnya lahir di hati mereka… Hmmmm

3. Di beberapa negara terutama negara berbahasa inggris, setelah Natal ada perayaan Boxing Day. Perayaan ini tentunya bukan Hari Tinju. Boxing Day adalah tradisi di Inggris sekitar tahun 1200-an. Ketika natal tiba gereja akan menaruh kotak sumbangan di depan gereja. Orang-orang yang mau menyumbang bisa menaruh uangnya di sana. Besoknya tanggal 26 Desember, uang yang sudah terkumpul disumbangkan pada orang miskin di sekitar gereja. Tradisi ini sebenarnya masih ada sampai sekarang, hanya saja sekarang yang dibagikan bukan uang tapi hadiah kecil.

4. Natal telah menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk menulis lagu, buku, puisi dan membuat film. Sudah ‘gak terhitung ada banyak buku, lagu, puisi, film yang terinspirasi natal. Malah setiap tahunnya pasti ada saja buku, film, puisi, lagu baru yang terinspirasi natal. Semoga manusia terus berkarya tidak hanya untuk mencari uang, tapi juga dapat mendalami makna natal yang sesungguhnya.

MITOS SEPUTAR NATAL

1. Ada mitos yang bilang kalau ada anak yang lahir ketika hari natal, hidupnya akan bahagia selamanya. Ini mitos yang ‘gak jelas datang dari mana asalnya. Hari lahir kita nggak akan menentukan kebahagian kita.šŸ˜†

2. Di Yunani, sewaktu natal orang bakar sepatu tua untuk membuang sial tahun depannya. Ini juga mitos yang nggak jelas asal-usulnya. Membakar sepatu saat natal ‘gak akan mungkin membuat kita beruntung tahun depan, kalau bukan Tuhan yang memberkati kita.šŸ˜† (tambah konyol aja nih.. ;))

3. Katanya kalau mau sehat sepanjang tahun, makan apel pada saat malam natal. Ini juga mitos yg ‘gak benar. Kalau mau sehat ya makan yang teratur, istirahat cukup, bukannya makan apel setahun sekali, waktu malam natal saja.

4. Kata orang Irlandia, sewaktu tengah malam ketika natal, gerbang surga akan terbuka dan orang yang mati akan langsung masuk surga. Ini juga mitos yang lahir karena ada campuran dengan agama kuno. Padahal nggak ada seorang pun yang tahu kapan pintu surga akan terbuka, kecuali Tuhan sendiri.

5. Ada mitos yang mengatakan kalau bernyanyi lagu natal bukan pada saat natal akan membuat sial. Mitos ini juga sama sekali gak benar. Lagu natal itu kan sama saja dengan lagu-lagu lainnya. Gak ada alasan kenapa kita bakal sial kalau menyanyikan lagu natal tidak pada saat natal.

6. Kata orang barat kalau sewaktu natal ada salju, maka pada saat Paskah nanti cuacanya pasti cerah. Padahal yang punya kuasa untuk mengatur cuaca itu Tuhan. (dan memang siklusnya kaya gitu..šŸ˜† aya2 wae nih… :P)

Yup, that’s about christmas day– Ane gak ngerayainnya broer, kalo sekedar ngucapin aja kayaknya gak majalah…šŸ˜€

Merry Christmas buat yang ngerayain..šŸ˜‰

(kaskus – cnatasya)

About igo_adrian

I'm a dreamer, I'm a gamer, I'm a musician, I'm an artist, I'm Virgo A'raaf. View all posts by igo_adrian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: