Best Tune-Up Softwares


Dari judulnya udah kebayang manfaat-nya broer—😆, tapi tetep ada yang musti kalian perhatikan! Meskipun program-program berikut ini memiliki manfaat yang baik, namun terkadang bisa juga membahayakan komputer kalian. Dengan beberapa langkah di bawah ini, kalian dapat menghindari/mengatasi masalah yang dapat terjadi dengan mudah.

Jika diibaratkan, software tune-up PC sama perlunya dengan melakukan service kendaraan. Dengannya, komputer kita dapat bekerja lebih cepat dan bebas-error. Program tune-up ini dapat melakukan bermacam-macam tugas, seperti membersihkan file temporary, entry registry yang salah, dan bahkan menjaga privasi kita (buat elo-elo cieeh… yang demen nyari bekop2… :mrgreen:).

Ada dua skenario utama yang dilakukan oleh program ini. Pertama adalah komputer yang telah bekerja begitu lama dan membutuhkan seluruh sumberdaya yang bisa didapatkan. Kedua adalah komputer yang menjalankan program secara intens, seperti komputer yang menjalankan program games atau video processing.

Sebelum kita mulai menggunakan program tune-up, ada beberapa hal yang perlu selalu dilakukan.

  1. Pertama pastikan kalian memiliki restore point Windows terbaru, bisa kalian buat sendiri via ->start menu -> all program – > accessories -> system tools –> (System Restore)
  2. Memiliki back up terbaru dari data-data penting kita.
  3. Periksa opsi menu dari software yang kita gunakan. Sebagai contoh bila menggunakan System Cleaner dari Comodo, program ini memiliki opsi untuk membuat restore point sebelum kita membersihkan registry yang tidak dipilih secara default.
  4. Masukkan rescue disk ke dalam USB flash drive atau CD/DVD.

Sekarang akan dibahas mengenai Software2 Tune-up itu sendiri.

Ashampoo WinOptimizer 2010 tersedia gratis dari V3 Software Store (Freeware). Untuk perhatian, kita perlu melakukan registrasi untuk serialnya. WinOptimizer memiliki interface yang sangat yahuuud… , seperti one-click cleaning untuk disk, privacy dan registry cleaning tasks. Aplikasi ini juga memiliki opsi untuk full scan yang memberikan rekomendasi untuk men-disable-kan service yang tidak perlu. Kalian bisa menggunakan tips “Did you know?” untuk lebih mengetahui mengenai aplikasi ini. Bagaimanapun, WinOptimizer adalah produk yang membutuhkan registrasi, dan juga tidak ada update program tersedia. Namun jika kita menginginkan sesuatu yang sederhana yang dapat membersihkan komputer dengan sedikit klik dan tanpa iklan, maka aplikasi ini cocok untuk Kita. Kalian bisa coba download disini.

WinOptimizer menawarkan disk and privacy cleaner yang sangat dasar, aplikasi ini tidak membersihkan history dari kebanyakan program. Disk defragmenter sangat cepat, namun kelihatannya terlalu cepat untuk melakukan peletakkan file yang baik. File erasing utility sangat komprehensif dengan opsi penghapusan dan kemampuan untuk merubah nama file dan folder sebelum menghapusnya. Registry cleaner kelihatannya juga sangat basic, mendeteksi sangat sedikit item, tapi berbicara mengenai registry cleaner bukan berarti lebih banyak item lebih baik, namun hasilnya memang lebih sedikit ketimbang registry cleaner konservatif. Aplikasi ini juga memiliki tweaking utility dengan lebih dari 450 tweak. WinOptimizer juga memiliki detailed process manager, startup manager, system information utility, benchmarking utility dan tool-tool lainnya.

Glary Utilities adalah pilihan bagus lainnya. Aplikasi ini memiliki one-click cleaning untuk beberapa task sekaligus. Satu fitur penting yang tidak dimiliki Glary adalah disk defragmentation. Aplikasi ini adalah tool yang sangat bagus, namun banyak tool yang dimilikinya membutuhkan interaksi dari usernya.

Glary utilities free memberikan disk cleaner yang basic, namun memiliki fitur privacy cleaner dan macam-macam tool yang dapat menghapus shortcut yang rusak, duplicate files dan folder kosong. Sayangnya tidak ditemukan opsi untuk melakukan overwrite file di dalam privacy cleaner. Fitur disk-space analysis sangat bagus, memberikan informasi yang detil. Glary juga memiliki fitur untuk menghapus file dan free space, juga recovery file yang terhapus. Registry cleaner bekerja dengan sangat baik dan memiliki registry defragmenter. Kalo pengen nyoba, klik disini broer!

Comodo System Cleaner adalah fasilitas baru dari Comodo, pembuat free firewall yang terkenal. System Cleaner adalah satu-satunya produk yang memiliki opsi penjadwalan untuk beberapa fiturnya. Namun tidak memiliki one-click cleaning. System Cleaner juga tidak memiliki disk defragmenter. Comodo System Cleaner sangat cocok untuk user yang sudah berpengalaman karena fitur-fitur yang memiliki bahaya potensial bila salah menggunakannya.

Disk dan privacy cleaner bekerja dengan sangat teliti, namun bisa menjadi tool yang berbahaya di tangan pemula. System Cleaner memiliki bermacam-macam file utilities, dengan enkripsi/dekripsi tool. Registry cleaning sangat agresif, mungkin terlalu agresif. Fitur lainnya adalah minimal disk-space analysis, detailed process manager, startup manager, basic tweaking utility dan system information juga benchmarking. Pengen nyoba?? sedot sendiri…!!!

Perlu diingat bahwa membersihkan PC kita, selalu ada sedikit risiko, so don’t forget to back up your datas😉, buat System Restore Point. Sebaiknya kita menjalankan program tune-up secara berkala, misalnya bulanan. Jika kita melakukan instalasi dan uninstalasi banyak software, mungkin kita bisa meningkatkan frekuensinya menjadi mingguan atau harian.

Jika kita belum pernah melakukan tune up PC, maka kita bisa melihat peningkatan yang signifikan dalam hal kecepatan dan responsivitas ketika pertama kali kita menjalankan program ini. Have a nice P, broer!😀

(komputertips – igo)

About igo_adrian

I'm a dreamer, I'm a gamer, I'm a musician, I'm an artist, I'm Virgo A'raaf. View all posts by igo_adrian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: