Being A Sales Spreader


Yep… Menjadi seorang sales. Dari toko satu ke yg lain… tak pernah terbayangkan sebelumnya di benakku. Heeehhe.. But that’s it. Ini adalah tugas. yang mulia yang kuemban demi perusahaan. Mungkin ada yang memandangnya sebelah mata, tapi buatku — ini adalah bentuk kepercayaan perusahaan kepadaku, bahwa aku mampu menjalankan tugas ini dengan baik….

Broer & Zust, saat aku menulis catatan ini, (mungkin) aku dalam masa sulit (…mmmm…teringat kata2-nya sapaaa gitu…)… omdat er niet meer winkels voor me zijn om mijn product te verkopen (Boso Jowo: Nggarai toko-toko sing arep digae dodolan wis entek!!!…. :D) Seperti hari ini. Aku keluar kantor untuk ‘berburu perserta’ dan karena udah gak punya lagi pandangan buat jualan kemana, akhirnya… aku pulang ke rumah, sarapan (karena emang belum sarapan) kemudian tidur sebentar (..2 jam mungkin), lalu jalan kearah yang….. mm, awalnya nggak jelas. Aku masuk ke toko satu…

Aku: “Assamualaikum Buk… Sugeng siang….”

Pemilik Toko: “Nggih mas, wonten nopo nggih? ” (dengan ekspresi kaget, takut kalo aku Intel — ya karena mungkin dandananku yang kaya intel pas lagi nyamar jadi preman..)

Aku: “Ngapunten buk, mboten usah wedhi.. kulo namung towo2..” (Maaf yg gak bisa bahasa Jawa…)

Pemilik Toko: “Nopo nggih mas…?”

Aku: “Saking Radio Patria buk… niki lho…” (perkataanku belon selesai..)

Pemilik Toko: “PUUUNNN…MBOOOTENNN, AKU ORA TAU OLEH HADIAH…! SAMPEAN PEK DEWE AE HADIAHE…” (Mukanya si Ibuk langsung berubah Sangar…!!!!)

Aku: “Lho.. ngaten lho buk, kulo jelasne rumiyen..”

Pemilik Toko: “Hoorrraaa butuhhh…. Aku jik tas blonjo…!!!!”

Aku: “Nggih, sampun lak ngoten…” (het vluchten alias KABUUR..)

Yah, seperti itulah broer. Selama kurang lebih satu setengah Bulan ini, kerjaanku di luaran terus. Berjualan sekuat tenaga dan berusaha mensukseskan program perusahaan, dan melakukan yag terbaik. Kadang memang ada pedagang yang legowo saat tau kedatanganku, ada yang seneng, ada yang enak diajak ngomong, dan banyak yang kadang merasa terganggu.. (maklum, jika ente pedagang, trus liat ada sales datang, apa yg ada dipikiran ente??? duit duit duit duit geetttoooo kan?)

Kesimpulannya, menjadi seorang sales spreading bukanlah hal yang ringan. Namun ini adalah suatu tantangan, dimana aku punya nol pengalaman dalam bidang ini. Kalian tau, apa yg aku rasakan saat produk yg aku bawa terjual habis…!!??? FANTASTIS…!!!!! Benar2 suatu kebahagiaan. Awalnya memang berat, tapi akhirnya menjadi menyenangkan…..!!! Pengalaman yang tak terlupakan.

dedicated to all sales spreading team Radio Patria Blitar: Tora Sebastian, Wido ‘Dodo’ Wahono, Fitri Ramadhani, and Me.

About igo_adrian

I'm a dreamer, I'm a gamer, I'm a musician, I'm an artist, I'm Virgo A'raaf. View all posts by igo_adrian

Leave a Reply

